Rabu, 20 Oktober 2010

Standar Gambar

Standarisasi gambar

Gambar tehnik merupakan suatu media komunikasi oleh banyak orang yang berkepentingan didalamnya, dimana orang yang berkepentingan tersebut tidak mungkin untuk berhubungan langsung. Sebagai contoh: sebuah perusahaan Jepang mempunyai manufaktur di Indonesia, maka designer di Jepang cukup dengan mengirim dokumen gambar tehnik ke Indonesia untuk membuat konstruksi tersebut di Indonesia tanpa harus memberi instruksi secara langsung.

Untuk itulah standarisasi gambar teknik sangat penting.Ini dimaksudkan agar gambar mempunyai keakuratan dalam penyampaian informasi yang bisa dimengerti oleh semua orang.Ada beberapa Negara yang mempunyai standarisasi gambar teknik, seperti DIN, JIS, SNI, dll. Untuk mempersatukan berbagai standar tersebut maka dipakailah standar ISO, sehingga aturannya bisa dipakai di Negara manapun.

Kita semua tahu komponen utama gambar teknik adalah berupa line, baik line lurus atau line lengkung. Garis dalam gambar tehnik mempunyai beberapa macam jenis line dan fungsi line yang berbeda-beda.

Beberapa contoh jenis line:



Contoh aplikasi line :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar